Tes Seleksi Calon Pramugari Haji Terbaru di Indonesia

Tes Seleksi Calon Pramugari Haji

Tes Seleksi Calon Pramugari Haji Terbaru di Indonesia, Selain pramugari yang biasa bertugas melayani penumpang untuk penerbangan domestik dan penerbangan ke luar negeri. Ada juga awak kabin khusus yang dipersiapkan untuk membantu para jamaah haji yang ada setiap tahunnya.

Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak, Indonesia harus memilih flight attendant (pramugari) untuk tugas tersebut. Kandidat terpilih bukanlah orang-orang sembarangan, setiap FA (flight attendant) yang direkomendasikan harus mengikuti serangkaian tes calon pramugari haji yang terdiri dari beberapa tahapan. Perjanjian kerja atau kontrak kerja antara pekerja reguler dan khusus haji tentu saja berbeda.

Menengok Tes Seleksi Calon Pramugari Haji untuk Melayani Jamaah Haji

Pramugari yang bertugas dalam penerbangan jamaah haji tidak sama halnya dengan awak kabin reguler yang memang diarahkan menjadi pekerja tetap. Sistem kontrak hanya sebatas periode waktu haji saja, jika musim haji sudah terselesaikan maka selesai sudah kontrak tersebut.

Walaupun hanya berstatus kontrak, tapi setiap kali lowongan dibuka bisa dipastikan peserta yang mendaftar akan luar biasa banyaknya. Salah satu alasannya adalah seorang flight attendant haji bisa menggunakan hijab selama bertugas di salah satu maskapai Indonesia. Lalu, tahapan tes yang harus dilalui seperti apa gambarannya? Cermati penjelasan setiap tesnya di bawah ini.

  1. Performance test (tes penampilan)

Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika seorang FA harus memiliki penampilan yang menawan seperti yang disyaratkan. Tes ini tidak berbeda jauh dengan seleksi pramugari pada umumnya. Tes Seleksi Calon Pramugari Haji penampilan meliputi kondisi fisik, berat badan, cara berjalan, dan tentunya tinggi badan. Dalam tes penampilan biasanya panitia akan memberikan kesempatan kepada para calon kabin untuk haji agar memperkenalkan dirinya sendiri.

Trik agar Anda dapat lolos dari performance test yaitu perkenalkan diri sesuai dengan porsinya saja. Hindari perkenalan yang berlebihan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu diungkapkan, contohnya adalah kelemahan. Pilih kata-kata yang sopan di hadapan panitia & HRD yang bertugas dalam seleksi awal ini. Hadapi setiap tingkatan ujian dengan senyum terbaik Anda.

  1. Tes bahasa asing (Bahasa inggris) & tes psikotes

Setelah melewati ujian sebelumnya, maka tahap berikutnya yang harus dilalui yaitu tes tulis bahasa inggris. Biasanya berupa soal grammar, membaca dan menulis. Sementara untuk psikotes dihadirkan untuk mengetahui tingkat ketelitian para pendaftar kabin haji.

  1. Tahap wawancara

Jika Anda lulus psikotes dan english test, maka wawancara adalah langkah selanjutnya sebelum resmi menjadi flight attendant haji. Hanya ada satu kali wawancara yang merupakan gabungan dari wawancara kompetensi & user.

Persiapkan mental dan fisik Anda untuk menghadapi tahapan tes seleksi calon pramugari haji ini karena tidak hanya pengetahuan saja, kepribadian Anda juga akan ditanyakan secara rinci. Dalam prosesnya kadang kala Anda diwajibkan menjawab langsung menggunakan bahasa inggris.

  1. Medical checkup

Penutup rangkaian tes untuk Anda yang mengikuti rekrutmen awak kabin haji yaitu tes kesehatan. Seluruh anggota badan akan di cek secara teliti, biasanya akan dimulai dengan cek kesehatan jantung & paru-paru. Dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi, kulit dan pendengaran.

Keempat tahapan tes seleksi calon pramugari haji di atas memang dirancang untuk menemukan beberapa awak kabin yang berkualitas dengan harapan perjalanan haji menjadi lebih lancar. Kenyamanan dan keselamatan para calon haji dapat diwujudkan.

Baca Juga: Syarat Menjadi Pramugari Garuda Indonesia Terbaru di Indonesia.

Jauh sebelum musim haji, maskapai-maskapai umumnya akan membuka perekrutan flight attendant haji di kota besar yang tersebar di Indonesia. Ada maskapai yang mengarahkan kabin hajinya ke penerbangan umroh maupun reguler setelah masa haji.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp