Tes Medex Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Medex Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Medex Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Medex Calon Pramugari, Bermimpi mempunyai pekerjaan sebagai staf penerbangan terutama posisi pramugari tidaklah bisa dibilang mudah. Beberapa syarat pengetahuan dan penampilan harus ada pada diri Anda. Sebelum resmi menjadi seorang flight attendant (pramugari) ada serangkaian jalan panjang yang harus ditempuh.

Lulus sekolah menengah atas adalah langkah awal sebelum Anda masuk ke tempat pendidikan, lembaga, ataupun akademi khusus jurusan pramugari. Setelah berhasil lulus dari kampus tempat Anda menimpa ilmu, tantangan selanjutnya yaitu melamar ke maskapai penerbangan yang diminati. Untuk lolos menjadi awak kabin sebuah maskapai, beberapa tahap seleksi harus satu per satu dilewati salah satunya tes medex pramugari. Dalam benak Anda pasti bertanya-tanya apa itu tes medex?

Rangkaian Tes Medex Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Medex merupakan kependekan dari medical examination yang umumnya diadakan maskapai penerbangan dalam proses seleksi pegawai. Sebelum melangkah ke tes kesehatan, Anda harus terlebih dahulu melewati tahapan tes penampilan, tes tulis, kemudian wawancara. Karena biasanya tes medis ini adalah langkah final sebelum tAnda tangan kontrak. Bagaimana agar bisa lolos? Dan bagian tubuh mana saja yang akan di cek? Ketahui dari membaca penjelasan berikut.

  1. Cek kesehatan jantung

Cek jantung atau ECG berfungsi untuk memastikan jika sang calon flight attendant ini tidak memiliki penyakit jantung. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa. Hanya dalam hitungan menit saja, jika penderita tidak segera ditolong akan berakibat fatal. Sehingga maskapai penerbangan sangat teliti dalam proses yang satu ini.

  1. Pemeriksaan laboratorium

Tidak hanya harus sehat jantung saja, calon awak kabin juga harus mempunyai rontgen yang baik. Paru-paru dan pernapasan (spirometri) termasuk salah satu anggota tubuh yang juga akan menjalani tes medex calon pramugari. Termasuk dalam tes laboratorium organ tubuh bagian dalam.

Satu lagi tes lab yang akan Anda jalani yaitu kandungan zat dalam urin, hal ini untuk memastikan jika calon FA tidak pernah mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Karena dalam setiap tugas dibutuhkan konsentrasi dan kesadaran penuh untuk keselamatan penumpang selama penerbangan berlangsung.

  1. Cek lubang gigi & audiometri

Setelah serangkaian tes organ dalam dilaksanakan, Anda akan mulai checkup tubuh bagian luar seperti gigi. Umumnya pemeriksaan gigi fokus pada ada tidaknya lubang dan tambalan pada gigi. Sementara untuk audiometri test dilakukan agar pramugari cepat tanggap ketika arahan datang dari kapten ketika menjalankan tugasnya.

  1. Tes mata sehat dan fisik

Pemeriksaan mata diharuskan kepada calon flight attendant untuk identifikasi buta warna, masalah jarak pAndang, serta pergerakan mata. Setelah selesai, dilanjutkan dengan ujian keseimbangan. Para petugas biasanya akan meminta Anda melakukan beberapa gerakan.

Contoh paling umum yaitu berdiri seperti bangau dengan mengangkat satu kaki dalam hitungan waktu tertentu. Itulah tes fisik dalam rekrutmen penerimaan pramugari, jangan membayangkan tes fisik seperti lari, sit up, maupun push up seperti seleksi taruna.

Keempat poin di atas merupakan gambaran sekilas tentang tes medex calon pramugari. Jagalah kesehatan Anda jika benar-benar ingin lolos ketika sudah memasuki tahap akhir rekrutmen awak kabin maskapai penerbangan. Persiapkan secara maksimal dan ikuti jika ada arahan dari panitia seleksi berupa anjuran yang dikirimkan bersama undangan medical checkup.

Baca Juga: Standar Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan Terbaru di Indonesia.

Biasanya ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi sehari sebelumnya. Jika panitia hanya mengirim jadwal dan tempat tes kesehatan, Anda bisa lebih aktif mencari informasi berupa tips-tips agar sukses melewatinya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp