Tes Keperawanan Calon Pramugari

Tes Keperawanan Calon Pramugari

Tes Keperawanan Calon Pramugari

Tes Keperawanan Pramugari yang Perlu untuk Diketahui, Menekuni profesi sebagai pramugari pada maskapai penerbangan ternama bisa menjadi sebuah kebanggaan. Mendapatkan penghasilan yang sudah di atas rata-rata, mungkin juga menjadikan profesi ini sangat menarik. Oleh sebab itu, tak heran jika peminatnya cukup banyak.

Namun, untuk mencapai keinginan tersebut, para calon pramugari harus mampu menjalani tes yang terdiri dari beberapa tahapan. Kalau pernah terbesit dalam benak Anda, apakah tes keperawanan calon pramugari juga diperlukan, Anda bisa membaca lebih jelas penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Tes Keperawanan Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Sebelum menjadi pramugari tetap, terdapat beberapa tahap tes yang harus dilalui oleh para kandidatnya. Tes yang wajib diikuti yaitu tes penampilan, psikotes, interview dengan user, wawancara kompetensi, tes kesehatan, tes aspek keamanan dan tes pantauan akhir. Membaca sederet rangakaian tes tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada tes keperawanan calon pramugari yang sempat dipertanyakan.

Menurut beberapa pihak, tes keperawanan pramugari dinilai kurang etis dan juga diskriminatif. Karena sesungguhnya, kemampuan, ketrampilan atau prestasi lah yang harusnya dinilai atau menjadi tolok ukur layak atau tidaknya seseorang menjadi seorang pramugari professional. Salah satu syarat utama pramugari memang diharuskan belum menikah, tapi bukan berarti ketika mendaftar calon pramugari harus masih dalam keadaan perawan.

Selain tes dan syarat yang sudah dijelaskan di atas, berikut hal lain yang perlu dipersiapkan oleh para calon pramugari:

  • Berkas-berkas penting

Persiapkan berkas-berkas penting yang menyangkut tentang diri Anda sebelum mendaftar test. Beberapa berkas tersebut dapat berupa foto kopi KTP, ijazah, surat keterangan sehat, surat keterangan belum menikah dan pas foto terbaru. Pastikan semuanya lengkap, sehingga Anda dapat lolos pada sesi pendaftaran.

  • Kesiapan kondisi fisik

Memiliki kondisi kesehatan yang baik merupakan salah satu syarat penting untuk menjadi seorang pramugari. Hal ini cukup beralasan karena seorang pramugari akan dituntut bepergian ke berbagai tempat yang jauh dan melayani berbagai keperluan penumpang, maka daya tahan tubuh mereka pun harus yang kuat.

  • Kemampuan berkomunikasi

Seorang pramugari memang seharusnya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Sikap ramah dan santun merupakan andalan untuk membuat para penumpang pesawat merasa nyaman di pesawat. Apabila Anda menguasai bahasa asing, itu juga akan memberi nilai lebih untuk Anda.

  • Penampilan prima

Performa yang menarik juga menjadi satu hal yang harus dimiliki seorang pramugari. Dari riasan wajah, tinggi yang mencukupi, tubuh yang proporsional, tatanan rambut yang rapi bahkan cara berbicara yang luwes tentu akan menambah pesona dari pramugari itu sendiri.

  • Pengetahuan luas dan ketrampilan lainnya

Memiliki pengetahuan yang luas juga akan mampu membuat seorang pramugari bertambah menarik. Kemampuannya menguasai keadaan pesawat, tentu dibutuhkan saat melayani para penumpang. Selain itu, seorang pramugari biasanya juga diwajibkan untuk bisa berenang, sebagai antisipasi jika pesawat mengalami keadaan darurat atau gangguan saat landing.

Setelah Anda mempelajari syarat dan ketentuan menjadi pramugari, kini yang perlu Anda lakukan adalah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan mimpi Anda.

Tes keperawanan Calon pramugari yang sempat terdengar, ternyata tidak termasuk di dalam keharusan saat mendaftar pramugari. Maka dari itu, fokus saja mempersiapkan diri untuk mengikuti tes yang sudah diwajibkan. Semoga dengan preparasi yang matang, mimpi Anda untuk menjadi pramugari pun dapat segera tercapai.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp