Tes Fisik Calon Pramugari Makapai Penerbangan

Tes Fisik Calon Pramugari Makapai Penerbangan

Tes Fisik Calon Pramugari Makapai Penerbangan

Tes Fisik Calon Pramugari, Pramugari atau Flight Attendant adalah tenaga maskapai penerbangan yang menjadi petugas dalam menjaga keselamatan sekaligus kenyamanan para penumpangnya melalui pelayanan. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa pramugari memang selalu identik dengan paras wajah yang cantik dengan tinggi badan yang proporsional, karena memang hal itulah yang menjadi syarat sebagai pramugari. Tes fisik pramugari menjadi tahapan yang harus dilalui oleh setiap calon tenaga kerja maskapai penerbangan.

Beberapa Tahapan Tes Fisik Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Sulitnya memasuki dunia pramugari menjadikan para tenaga kerja yang sudah resmi menjadi awak kabin memiliki rasa kebanggaan tersendiri. Karena memang untuk menjadi seorang pramugari tidak semua orang bisa menempati posisi itu. Membutuhkan tahapan seleksi yang cukuplah panjang, harus menjalani pendidikan terlebih dahulu serta harus bisa lolos seleksi seperti yang telah ditetapkan oleh setiap maskapai.

Untuk bisa memaksimalkan kinerjanya dalam menjaga keselamatan sekaligus kenyamanan para penumpang, maka awak kabin (pramugari) harus memiliki tubuh yang langsing dengan berat badan dan tinggi badan yang proporsional.

Dengan tubuh yang ideal inilah yang menjadikan tenaga maskapai penerbangan terlihat sangat menarik. Tidak hanya itu saja, pramugari juga diwajibkan untuk menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing.

Setiap maskapai penerbangan akan memiliki target tersendiri dalam penerimaan pramugari, namun tentu saja hal ini tidak akan terlepas dari yang namanya Tes fisik calon pramugari yang harus melalui beberapa tahap seperti berikut ini:

  1. Tes fisik menjadi pramugari

Untuk tes fisik ini tidak sama dengan tes fisik di perusahaan pada umumnya. Untuk tes fisik, calon pramugari tidak perlu melakukan push up, lari, sit up, akan tetapi tes fisik yang dilakukan yaitu berhubungan mengenai keseimbangan badan, misalnya seperti berdiri bangau. Mengukur tinggi dan berat badannya, untuk memastikan bahwa calon tenaga kerja memiliki tubuh yang proporsional sesuai yang telah ditetapkan maskapai.

  1. Body Mass Index atau BMI.

Untuk pengukuran berat badan dan tinggi ideal, maka Anda dapat menggunakan rumus, yaitu berat badan: (tinggi badan x tinggi badan), untuk melihat apakah tinggi dan berat badan Anda proporsional atau tidak maka Anda dapat melihat dari angka tersebut.

  1. Persyaratan Fisik Pramugari

Untuk persyaratan fisik yang harus dimiliki oleh para calon tenaga kerja maskapai penerbangan secara umum yatu seperti yang tertera dibawah ini:

  • Tinggi Badan minimal 157cm – 172cm
  • Tidak menderita hepatitis atau buta warna.
  • Berat badan ideal.
  • Memiliki penampilan yang menarik.
  • Wajah bebas dari jerawat.
  • Tidak bertato.
  • Gigi rapi (gingsul diperbolehkan).

Menjadi Pramugari maskapai penerbangan tentunya menjadi idaman banyak wanita, karena selain mendapatkan gaji yang cukup besar, maka Anda pun juga bisa jalan-jalan kemana pun tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Namun, dibalik hal yang sangat menyenangkan tersebut, tentunya ada banyak rintangan yang harus dilalui oleh seorang pramugari, yaitu sulitnya memasuki dunia maskapai penerbangan.

Apabila Anda adalah wanita yang memiliki kesempurnaan fisik seperti yang telah ditetapkan oleh beberapa maskapai penerbangan, maka hal ini menjadi kabar yang menyenangkan. Kesempatan untuk menjadi seorang awak kabin dapat diraih, meskipun setiap maskapai tidak akan menetapkan persyaratan dan ketentuan yang sama, namun setidaknya perbedaan tersebut tidak jauh beda.

Baca Juga: Tinggi Ideal Calon Pramugari Maskapai Penerbangan

Tes Fisik Calon Pramugari ini dapat dipersiapkan jauh-jauh hari, karena memang tes fisik tidak dapat dibohongi, fisik akan jelas tampak jika dilihat, sehingga jika Anda sudah memiliki impian untuk menjadi seorang pramugari, maka persiapkan sebelum waktunya, misalnya jika Anda tidak memiliki tubuh yang langsing namun Anda memiliki tinggi proporsional, maka cobalah untuk diet, jika Anda tidak memiliki gigi yang rapi, maka Anda dapat memasang kawat gigi dan masih ada banyak lagi.


Artikel Terkait

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp