Syarat Menjadi Pramugari Haji Terbaru di Indonesia

Syarat Menjadi Pramugari Haji Terbaru di Indonesia

Syarat Menjadi Pramugari Haji Terbaru di Indonesia

Syarat Menjadi Pramugari Haji, Pramugari haji adalah awak kabin yang khusus bertugas untuk melayani para jama’ah haji. Tidak seperti pramugari reguler yang merupakan pegawai tetap suatu maskapai penerbangan, pramugari haji biasanya hanya dikontrak hingga musim haji selesai. Anda tertarik untuk menjadi pramugari haji? Pastikan Anda mengetahui syarat menjadi pramugari haji. Sebagai awak kabin yang bertanggung jawab untuk memastikan kenyamanan jama’ah, rekrutmen pramugari haji tetap membutuhkan proses yang cukup panjang meskipun tidak serumit pramugari reguler.

Syarat Menjadi Pramugari Haji Terbaru di Indonesia

Setiap tahun, pihak maskapai penerbangan akan melakukan seleksi awak kabin khusus jama’ah haji. Jika Anda adalah seorang pramugari yang pernah menjadi awak kabin pada tahun sebelumnya, Anda tetap wajib mengikuti seleksi lagi.

Pramugari yang berpengalaman disebut sebagai recurrent sedangkan yang belum berpengalaman disebut sebagai zero hour. Lantas mengapa pramugari berpengalaman tetap membutuhkan tes seleksi?

Hal ini dikarenakan awak kabin haji berganti-ganti setiap tahunnya. Pramugari yang bertugas tahun ini belum tentu akan bertugas lagi tahun depan. Hal ini tergantung dari kemampuan pramugari tersebut dalam mengikuti tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh pihak maskapai.

Apabila memenuhi persyaratan dan lolos tes, maka pramugari tersebut dianggap layak dan diperbolehkan untuk menjadi awak kabin haji. Sebaliknya, apabila gagal dalam mengikuti tes, maka pramugari tidak diperbolehkan untuk bergabung.

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung dengan maskapai penerbangan sebagai pramugari haji, Anda perlu memperhatikan syarat menjadi pramugari haji. Syarat-syarat tersebut meliputi:

Syarat Pramugari Haji

Syarat fisik merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pramugari yang berhubungan langsung dengan kondisi fisiknya. Persyaratan fisik seorang pramugari haji antara lain:

  • Wanita
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia maks 59 tahun saat pendaftaran
  • Tinggi badan minimal 158cm, maksimal 172 cm
  • Postur dan berat badan ideal

Selain beberapa syarat di atas, ada persyaratan lain yang wajib dipenuhi. Syarat tersebut adalah pendidikan minimal SMA atau sederajat, beragama Islam serta sanggup untuk ditempatkan di embarkasi manapun.

Demikian persyaratan fisik yang harus dipenuhi. Terkait dengan persyaratan administrasi yang harus wajib dilengkapi sebelum proses seleksi, Anda wajib menyiapkan:

  • SKCK
  • Surat keterangan belum menikah
  • Surat izin dari orang tua/wali bermaterai 6000
  • Fotocopy KTP orang tua
  • Fotocopy KK
  • Fotocopy akte kelahiran
  • Fotocopy ijazah
  • Foto berwarna 4×6

Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia


Seleksi Calon Pramugari Haji di Indonesia

Secara keseluruhan, tahapan seleksi pramugari haji dan reguler relatif sama. Meskipun demikian, seleksi awak kabin haji tidak serumit awak reguler, begitu juga dengan pelatihan yang harus dijalani. Beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti antara lain performance test, psikotest dan Bahasa Inggris, interview, dan tes kesehatan.

Pada tahap tes penampilan, maskapai akan menilai penampilan calon awak kabin mulai dari cara berjalan, cara berbicara dan penampilan secara keseluruhan. Berat dan tinggi badan Anda juga akan diukur. Apabila tidak sesuai, maka otomatis Anda akan dinyatakan gagal.

Psikotest bertujuan untuk menguji ketelitian calon pramugari haji sedangkan tes Bahasa Inggris bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda dalam memahami Bahasa ini.

Sedangkan Tes wawancara dianggap sebagai tes paling menyeramkan, Anda memang butuh persiapan khusus untuk tahapan ini. Usahakan untuk selalu tampil percaya diri.

Tes terakhir adalah tes kesehatan. Ini merupakan tahapan akhir dari seleksi pramugari haji. Tes ini meliputi tes kesehatan paru-paru, jantung, pendengaran, penglihatan, tulang, gigi, dan kulit.

Baca Juga: Standar Gaji Pramugari Lion Air Terbaru di Indonesia.

Menjadi pramugari haji membawa kebahagiaan tersendiri karena bertanggung jawab untuk melayani tamu-tamu Allah. Meskipun hanya terikat kontrak yang cukup singkat, banyak pramugari yang rela mengikuti tahapan seleksi yang panjang demi mendapatkan pekerjaan ini. Jika Anda bersedia untuk menjadi awak kabin haji, pastikan Anda memenuhi syarat menjadi pramugari haji. Siapkan diri Anda sekarang juga.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Laeli junia berkata:

    Sore Pak/BuSaya boleh mengajukan pertanyaan…?
    Syarat menjadi pramugari haji kan maksimal 59 Th… skrg usia saya 31th… bagaimana caranya kalau saya berminat jadi pramugari haji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp