Saat Masa Kontrak Pramugari Apakah Boleh Menikah?

Saat Masa Kontrak Pramugari Apakah Boleh Menikah

Saat Masa Kontrak Pramugari Apakah Boleh Menikah

Saat Masa Kontrak Pramugari Apakah Boleh Menikah? Menikah adalah impian semua pasangan, namun karir juga merupakan impian yang tidak bisa dielakkan. Bagi Anda yang bermimpi ingin menjadi seorang pramugari, pasti timbul pertanyaan jika nantinya diterima bekerja di sebuah maskapai penerbangan, Benarkah pramugari tidak boleh menikah saat masa kontrak?

Nah, untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, simak ulasannya di bawah ini. Ada ulasan mengenai syarat menjadi seorang pramugari serta jawaban bolehkah menikah saat masih memiliki masa kontrak bertugas?

Syarat Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Para petugas maskapai penerbangan membutuhkan minimal ijazah SMA atau sederajat untuk menerima pramugari maskapai penerbangan. Namun, dewasa ini banyak maskapai penerbangan sekarang yang lebih memilih mempekerjakan pelamar dengan latar belakang perguruan tinggi dari sekolah atau akademi pramugari.

Beberapa perusahaan (maskapai) penerbangan lebih mencari pelamar dengan gelar di bidang pariwisata, bisnis, hubungan masyarakat, komunikasi, perhotelan, dan sains sosial.

Setelah pramugari dipekerjakan, maskapai penerbangan akan menempatkan calon karyawannya dalam program pelatihan awal yang berlangsung selama 6-8 minggu di pusat pelatihan penerbangan yang wajib mereka jalani.

Para calon pramugari diminta untuk menyelesaikan pelatihan dengan melakukan penerbangan praktek dan kemudian diberi sertifikat sebagai bukti lolos. Seorang calon pramugari juga harus melewati persyaratan tinggi dan berat badan juga harus lulus ujian dan pengujian medis.

Namun biasanya ada sejumlah persyaratan tambahan terkait usia dan kondisi fisik untuk posisi pramugari. Ada maskapai penerbangan yang sering melakukan pembatasan usia, tinggi dan berat tertentu. Selain itu, adapula maskapai penerbangan yang mempunyai standar tinggi pada penampilan fisik, kebersihan dan perawatan.

Berikut adalah syarat untuk menjadi seorang pramugari :

  1. Tinggi minimal 157-172cm, angka ini didasarkan pada berbagai persyaratan penerbangan.
  2. Berusia minimal 17 – 23 tahun.
  3. Tidak mengenakan kacamata
  4. Mampu berbahasa Inggris dengan baik
  5. Tidak buta warna
  6. Bisa berenang
  7. Gigi rapi
  8. Sehat jasmani dan rohan
  9. Belum menikah
  10. Memiliki latar belakang kriminal yang bersih setidaknya selama 10 tahun
  11. Tidak ada tindak pidana berat
  12. Tidak terlihat tato

Ya, di antara syarat menjadi pramugari memang tidak disebutkan mengenai boleh tidaknya menikah saat masih masa kontrak. Syarat di atas hanya menunjukkan bahwa syarat menjadi seorang pramugari adalah belum menikah.

Tentu saja kata belum menikah dengan tidak boleh menikah mengandung makna yang berbdea. Nah, perihal ketentuan tidak boleh menikah itu akan dijelaskan ketika Anda sudah menanda tangani kontrak. Pertanyannya adalah Bolehkah pramugari menikah saat masa kontrak?


Saat Masa Kontrak Pramugari Apakah Boleh Menikah?

Di manapun seseorang bekerja, pastinya memiliki masa kontrak yang berisi mengenai peraturan serta kewajiban yang harus ia penuhi. Begitu pula ketika menjadi seorang pramugari. Ada  kebijakan dari maskapai penerbangan yang tidak membolehkan pramugari yang masih dalam masak kontrak untuk menikah. Namun ketika ia sudah diangkat menjadi karyawan tetap, maka ia boleh menikah.

Tidak ada bagi seorang pramugari untuk menikah seumur hidupnya. Hanya saja ketika kontraknya habis dan ia sudah diangkat menjadi karyawan tetap ia bisa untuk menikah. Lalu berapa lama durasi masa kontrak sebelum diangkat menjadi karyawan tetap? Jawabannya tergantung dari kinerja Anda.

Ada beberapa maskapai yang mempunyai kebijakan masa kontrak adalah 2 tahun, setelah kontrak pertama habis, maka bisa diperpanjang satu tahun. Kemudian jika kontrak kedua habis, maka bisa diperpanjang lagi selama 2 tahun. Barulah kemudian seseorang bisa diangkat menjadi pegawai tetap sehingga apabila ditotal masa kontrak adalah 5 tahun untuk bisa menjadi pegawai kontrak ke tetap.

Selengkapnya: Masa Kontrak Kerja Pramugari Yang Sering Dipertanyakan Selama Ini.

Tapi jika kinerja yang Anda lakukan bagus maka bisa langsung diangkat menjadi pegawai tetap dalam dua atau tiga tahun saja. Demikian ulasan mengenai apakah pramugari boleh menikah saat masa kontrak. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp