Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Tes Wawancara Pramugari

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Tes Wawancara Pramugari

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Tes Wawancara Pramugari

Kesalahan yang sering dilakukan dalam tes wawancara pramugari kerap kali tidak dirasakan oleh sebagian besar calon pramugari. Ironisnya mereka tidak sadar akan kesalahan tersebut. Padahal ada hal-hal kecil yang harusnya tidak kita lakukan saat sedang wawancara.

Sikap ataupun gesture tubuh menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan betul-betul. Jangan sampai hanya karena persoalan kecil membuat Anda tidak diterima sebagai awak kabin.

Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Wawancara!

Wawancara atau interview merupakan salah satu proses penerimaan kerja yang dilakukan dengan cara tanya jawab antara perusahaan dengan pelamar kerja. Tes wawancara pramugari dilaksanakan oleh suatu maskapai penerbangan untuk merekrut pegawai baru di perusahaannya.

Tes wawancara bertujuan untuk memperoleh informasi, baik dari segi keterampilan, potensi diri, maupun kepribadiaan calon pegawai. Melalui proses wawancara, perusahaan akan menemukan pegawai yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Keberhasilan wawancara ini tentu sangatlah penting. Anda harus dapat menunjukkan potensi diri yang Anda miliki dengan sikap dan tingkah laku yang baik. Selain itu juga jangan sampai melakukan kesalahan sikap dan gerak tubuh jika tidak ingin gagal. Berikut ini kesalahan wawancara yang wajib Anda hindari.

1. Cara duduk yang buruk

Posisi duduk yang buruk menjadi kesalahan yang sering dilakukan dalam tes wawancara pramugari. Postur tubuh ketika duduk menjadi point lebih yang dinilai oleh maskapai penerbangan.

Duduk tegak akan mencerminkan kesan yang tegas, berwibawa, natural dan netral. Jangan sampai Anda duduk dengan posisi menjauh ke belakang, terlalu condong ke depan, ataupun membungkuk. Posisi duduk yang demikian akan memperlihatkan kesan malas serta sombong.

2. Gerakan tangan yang berlebihan serta menyilang

Usahakan tangan tidak banyak bergerak. Mengapa demikian? Banyak gerakan akan menunjukkan bahwa Anda sedang gugup dan gelisah. Sedangkan tangan menyilang memperihatkan sebuah perlawanan. Maka dari itu, bukalah tangan secara terbuka untuk membangun kedekatan.

3. Menganggukkan kepala secara terus – menerus

Mengangguk hanya cukup sekali atau dua kali selama wawancara berlangsung. Kebanyakan menganggukkan kepala akan membuat konsentrasi pewawancara terpecah.

4. Memperlihatkan rasa gelisah

Usahakan jangan memperlihatkan rasa gelisah. Perasaan tersebut akan membuat pewawancara tidak fokus dalam melihat kelebihan yang Anda miliki. Dengan memperlihatkan rasa gelisah akan membuat pewawancara berpikir negatif tentang Anda.

5. Posisi tangan

Ketika melakukan wawancara, perhatikan posisi tangan. Jangan menaruh tangan di saku atau di belakang. Hal itu hanya akan membuat Anda telihat kaku dan gugup.

6. Hilangnya kontak mata dengan pewawancara

Pastikan Anda untuk tetap menjaga kontak mata dengan menatap pewawancara setiap kali menjawab pertanyaan. Dengan tetap menjaga kontak mata akan membuat pewawancara berpikir bahwa anda orang yang fokus dan serius.

7. Jawaban tidak sesuai dengan pertanyaan

Pastikan anda menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara, tapi jangan asal memberikan jawaban. Berpikirlah terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan yang diberikan dan usahakan jujur untuk menjawabnya.

Nah, setelah Anda mengetahui kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi ketika wawancara. Sekarang Anda dapat menghindari hal tersebut dan berupaya semaksimal mungkin untuk lolos seleksi.

Tips agar lolos seleksi pramugari

  1. Jagalah penampilan fisik, dengan tinggi dan berat tubuh ideal
  2. Pastikan tubuh Anda sehat secara jasmani dan rohani
  3. Jangan menggunakan make up secara berlebihan, merias wajah secara natural akan membuat wajah semakin menarik.
  4. Memiliki kemampuan intelektual serta bahasa inggri yang baik dan benar
  5. Bangun rasa percaya diri selama mengikuti tes seleksi
  6. Terakhir, carilah informasi yang berkaitan dengan pramugari.

Demikian pembahasan mengenai kesalahan yang sering dilakukan dalam tes wawancara pramugari beserta tips-tips sukses lolos seleksi. Menghindari kesalahan dan menerapkan tips tersebut akan memudahkan Anda lolos seleksi pramugari. Semoga bermanfaat

Untuk kamu yang ingin menjadi Pramugari, Pramugara ataupun Staff Airlines ikuti saja pendidikan di FAAST Penerbangan. Di sana kalian akan diberi pendidikan & pelatihan untuk bisa bekerja didunia penerbangan melalui pembekalan ilmu sesuai kebutuhan maskapai penerbangan serta bahasa inggris yang komunikatif dan interaktif. Tidak hanya itu, FAAST Penerbangan juga memiliki instruktur yang berkualitas dan berpengalaman dibidangnya.

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi Kak Surya 085235003800 melalui WA.

Untuk mengisi formulir pendaftaran silahkan KLIK DISINI!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp