Jam Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional

Jam Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional

Jam Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional

Jam Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional, International Civil Aviation Organization atau yang biasa disebut dengan ICAO dalam bahasa Indonesia artinya Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. ICAO adalah organisasi yang di bawah naungan PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk melalui Konferensi Chicago pada bulan Desember tahun 1944 yang dihadiri oleh 52 negara.

Organisasi ini dibentuk memiliki tujuan untuk pengembangan angkutan udara dan untuk menjamin keselamatan penerbangan internasional. Jam kerja pramugari internasional yang sudah diatur juga dinaungi oleh organisasi ini.

 Mengetahui Jam Kerja Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional

Beda dengan pilot, pramugari atau pramugara tidak ada batasan jam terbang. Tetapi memiliki batasan jam kerja. Pramugari atau pramugara memiliki batasan jam kerja yang sama dengan pilot yaitu selama 14 jam bekerja. Peraturan tersebut termuat dalam SKEP16/11/2009.

Dunia penerbangan di Indonesia meningkat sangat pesat hal itu dapat dibuktikan dari banyaknya jumlah pesawat yang dimiliki oleh setiap maskapai maupun pesawat yang masih dalam tahap pemesanan sehingga menyebabkan bertambahnya pilot dan pramugari yang dibutuhkan.

Menurut pendapat yang disampaikan oleh Ketua Federasi Pilot Indonesia bahwa saat ini pihak maskapai penerbangan membutuhkan tambahan sekitar 800 sampai 900 pilot. Sedangkan di Indonesia membutuhkan sekitar 300 pilot setiap tahunnya.

Karena dari 13 sekolah penerbangan di Indonesia hanya meluluskan 650 pilot setiap tahunnya yang berarti jika diambil rata-ratanya hanya 50 pilot yang diluluskan oleh setiap sekolah penerbangan. Maka dari itu jam kerja pramugari internasional menjadi meningkat.

Hal tersebut membuat maskapai penerbangan jadi melanggar aturan yang sudah dibuat dan disetujui oleh ICAO. Jika maskapai tidak ingin melanggar aturan penerbangan maka pesawat tidak diterbangkan atau grounded tetapi hal ini bisa menyusahkan calon penumpang karena jadi sulit mencari jadwal pemberangkatan yang sesuai dengan keinginan.

Bila tidak ingin mengalami kerugian karena pesawat tidak jadi diterbangkan maka terpaksa maskapai penerbangan melanggar peraturan tersebut. Hal ini sangat memengaruhi keselamatan dan keamanan penerbangan karena keterbatasan manusia dalam melakukan pekerjaan.

  • Hukumnya Wajib

Peningkatan dalam penerbangan terutama keselamatan harus sering dilakukan. Seharusnya pemerintah tetap mengawasi jalannya penerbangan karena hal ini menyangkut keselamatan dan nyawa manusia meskipun sudah ada peraturannya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Jika bekerja melampaui batas jam kerja maka kemungkinan untuk terjadinya human error dalam bertugas menjadi lebih besar karena kelelahan dan kurang focus. Jika masih ada maskapai yang masih melanggar aturan internasional tersebut maka bisa dikenakan sanksi administrative dalam bentuk pembekuan sertifikat selama satu sampai enam bulan dan atau pencabutan sertifikat. Sanksi yang lain yaitu berupa diajukan ke pengadilan dengan denda paling berat sebanyak Rp 500.000.000 dan penjara paling lama dua tahun.

  • Perhatikan Waktu Istirahat

Rest periode atau yang biasa disebut dengan waktu istirahat adalah lama waktu total antara jadwal saat ini sampai dengan jadwal yang akan datang. Khusus untuk Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang ada di Jakarta, para maskapai banyak yang memperhitungkan kemacetan penerbangan sehingga diberi rest periode selama 15 jam.

Baca Juga: Inilha Daftar Gaji Pramugari Maskapai Penerbangan Internasional.

Seorang pramugari atau pramugara harus memiliki waktu istirahat minimal 8 jam setelah penerbangan terakhir. Maka dari itu, jam kerja pramugari internasional haruslah diperhatikan dan sesuai dengan peraturan internasional agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Jika tenaga dari seorang manusia terlalu diforsir maka hasil kerjanya tidak maksimal sehingga menyebabkan kerugian pada konsumen.


Artikel Terkait

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp