Gaji Pramugari Citilink di Indonesia

Gaji Pramugari Citilink di Indonesia

Gaji Pramugari Citilink Terbaru di Indonesia? Citilink adalah nama maskapai penerbangan milik PT Citilink Indonesia. Anak perusahaan Garuda Indonesia ini, didirikan sejak tahun 2009 dan mulai berkembang pesat pada tahun 2011. Hingga kini, Citilink memiliki 50 armada pesawat seri airbus A320, dengan kapasitas setiap armada pesawat 180 penumpang.

Pada Januari 2017 lalu, Citilink juga menambahkan armada pesawat seri airbus A320NEO, dan menjadi perusahaan penerbangan pertama menggunakan seri airbus tersebut. Demi melayani kebutuhan transportasi udara, Citilink melayani penerbangan ke 31 kota, 62 rute, dan setiap harinya melakukan lebih dari 200 kali penerbangan.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam kategori hospitality industry, Citilink mengedepankan kepuasan customer di atas segalanya. Beberapa penghargaan yang pernah diraih, antara lain:

  • Best Overall Marketing Campaign di The Budgies and Travel Awards pada tahun 2012.
  • Service to Care Award pada tahun 2012 dan 2013.
  • Middle Class Brand Champions untuk kategori Leading Low Cost Airline, 2011-2016.
  • Asia Best Employer Brand Awards dari Employer Brand Institute Singapore, Best eMark Award dari Telkom University, dan Top IT Innovation Award on Transportation dari Kemenkominfo.

Kesuksesan Citilink tak lepas dari peranan para pegawainya, termasuk di dalamya adalah staff pramugari yang handal dan profesional.


Syarat Menjadi Pramugari di Citilink

Berwajah cantik bukanlah syarat utama menjadi seorang pramugari, termasuk menjadi pramugari di Citilink. Melainkan, bagaimana seorang wanita mampu membawa dirinya menjadi pribadi yang baik dan menarik.

Mengenai jenjang kelulusan sekolah, menjadi pramugari pun tidak membutuhkan lulusan pendidikan tinggi, tapi cukup dengan lulus SMA. Usia minimal 17 tahun, dan sebelumnya, wajib menempuh pendidikan staff penerbangan di sekolah penerbangan resmi terakreditasi A. Pendidikan di sekolah penerbangan wajib untuk pembekalan ilmu mengenai dunia penerbangan, dan mendalami pekerjaan yang akan digeluti.

Seperti pramugari pada umumnya, tugas pramugari di Citilink adalah menjaga keselamatan para penumpang serta melayani kebutuhan penumpang mulai saat embarkasi (penumpang masuk ke pesawat) hingga disembarkasi (penumpang keluar dari pesawat). Jika semua penumpang telah meninggalkan pesawat, dan pintu pesawat telah ditutup, maka tugas pramugari pun selesai.

Gaji Pramugari Citilink Terbaru di Indonesia

Standar gaji pramugari Citilink, berdasarkan tingkat senioritas, dan jumlah jadwal terbang. Untuk pramugari senior, gaji pokok yang diterima sekitar IDR 5 juta, sedangkan gaji pokok juniornya sekitar 3 juta.

Semakin sering mendapatkan jadwal terbang, maka semakin besar gaji yang diterima. Selain itu, pramugari yang melakukan perjalanan penerbangan ke rute internasional, akan menerima gaji yang jauh lebih besar.

Bagi staff pramugari yang dinilai maksimal dalam memberikan pelayanan ke pada para penumpang, ia akan memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan jadwal terbang setiap harinya. Meski demikian, jadwal terbang bagi setiap pramugari rata-rata 3 sampai 4 kali terbang setiap minggunya.

Mengenai gaji pokok sendiri memang tidak terbilang besar. Akan tetapi, selain gaji pokok, para staff pramugari, khususnya di Citilink juga mendapatkan Flight Allowence and Travel Allowence. Allowence yang diterima ini, meliputi: uang terbang, uang landing, dan uang RON. Ditambah lagi uang tunjangan lain, seperti: tunjangan jabatan dan tunjangan kerajinan.

Bagi staff pramugari junior, rata-rata mendapatkan uang terbang per jam sebesar 40 ribu. Dalam sehari, jam kerja mencapai 6 jam. Itu artinya, uang terbang dalam sehari mencapai 240 ribu. Sedangakan untuk uang landing, serta uang makan, besarnya bervariasi. Untuk RON, Remain Over Night sendiri diberikan ditambah bermalam di hotel berbintang.

Baca Juga: Inilah Kriteria Fisik Calon Pramugari Yang Dicari Maskapai Penerbangan.

Bekerja menjadi pramugari memang cukup melelahkan. Tak terkecuali bekerja di Citilink. Namun, rasa lelah dan letih tersebut, rasanya terbayar dengan gaji yang sangat layak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp