Etika Yang Harus Dimiliki Pramugari Maskapai Penerbangan

Etika Yang Harus Dimiliki Pramugari Maskapai Penerbangan

Etika Yang Harus Dimiliki Pramugari Maskapai Penerbangan

Etika Yang Harus Dimiliki Pramugari, Pramugari adalah seseorang yang bekerja pada perusahaan pengangkutan umum, baik angkutan darat, udara maupun laut. Istilah pramugari umumnya lebih banyak digunakan saat menyebut seseorang yang bekerja di perusahaan transportasi udara, yaitu pesawat terbang.

Tugas pramugari yaitu memberikan pelayanan kepada penumpang, sehingga dibutuhkan sikap dan etika yang baik. Ada beberapa etika yang harus dimiliki pramugari agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang.

Kenyamanan Perjalanan Bergantung Pada Etika Yang Harus Dimiliki Pramugari

Kenyamanan dalam sebuah perjalanan selain ditentukan oleh fasilitas maskapai, juga ditentukan oleh pelayanan yang diberikan oleh pramugari. Berikut etika yang harus dimiliki pramugari agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang:

  1. Dapat bekerja sama dalam tim

Dalam setiap pekerjaan membutuhkan kerja sama, kerja sama dilakukan agar mengurangi beban pekerjaan yang lain. Begitupun juga dengan pramugari, antar pramugari harus dapat bekerja sama demi kelancaran dan kenyamanan penerbangan. Pramugari juga harus dapat bekerja sama dengan penumpang secara baik. Misalnya saja, membantu penumpang yang kesulitan memasukkan koper ke dalam bagasi cabin pesawat.

  1. Bersikap ramah

Bersikap ramah, menjadi salah satu etika yang harus dimiliki pramugari. Bersikap ramah harus ditunjukkan terutama kepada penumpang. Bersikap ramah kepada penumpang membuat penumpang merasa nyaman. Apapun suasana hati yang pramugari rasakan ketika bekerja, harus tetap bersikap ramah.

Hal tersebut bentuk dari profesionalitas pekerjaan. Misalnya, ketika menawarkan makanan atau minuman, seorang pramugari dapat menggunakan suara yang lembut sambil tersenyum ramah. Saat menyambut penumpang yang akan masuk ke dalam pesawat, pramugari juga dapat menyapa sembari memberikan senyuman.

  1. Teliti saat bekerja

Ketelitian saat bekerja juga dibutuhkan oleh seorang pramugari. Ketelitian dalam bekerja turut membantu keselamatan saat penerbangan berlangsung. Pramugari harus mengecek segala perlengkapan keselamatan yang akan dibawa. Perlengkapan keselamatan yang umumnya dibawa antara lain alat pemadam kebakaran, sabuk pengaman, masker oksigen dan pelampung. Selain itu makanan, minuman dan obat-obatan juga harus diteliti dan disiapkan oleh pramugari sebelum pesawat lepas landas.

  1. Berkepribadian sabar dan tegas

Seorang pramugari dituntut untuk sabar dan tegas, terutama kepada penumpang pesawat. Setiap penumpang pesawat memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, kesabaran pramugari dibutuhkan agar tidak terpancing emosi saat terjadi sesuatu yang diakibatkan oleh penumpang. Misalnya, saat pesawat sudah siap untuk take off masih ada penumpang yang belum menggunakan sabuk pengaman atau penumpang masih sibuk menggunakan telepon seluler. Dalam kondisi tersebut pramugari harus bersikap tegas, namun juga tidak boleh terpancing emosi.

  1. Mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang

Menjadi tugas pramugari untuk mengutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Pramugari menawarkan dapat makanan atau minuman, bantal dan selimut untuk menjaga kenyamanan penumpang saat penerbangan berlangsung. Ketika terjadi hal-hal darurat pramugari memberikan arahan dan pertolongan pertama kepada penumpang. Pramugari diwajibkan mendahulukan keselamatan penumpang ketika pesawat mengalami kondisi darurat.

  1. Selalu mengucap salam dan terima kasih

Pramugari harus terbiasa mengucapkan salam, baik ketika menyapa penumpang yang hendak masuk ke dalam pesawat atau ketika pesawat telah mendarat dan penumpang akan turun dari pesawat. Tidak lupa pula pramugari sebaiknya mengucapkan terima kasih kepada penumpang yang melakukan perjalanan dengan maskapai penerbangannya.

Baca Juga: Informasi Pendaftaran Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia.

Sikap dan etika baik yang dimiliki oleh pramugari sangat dibutuhkan ketika menjalankan tugasnya. Oleh karena itu beberapa penjabaran tentang etika yang harus dimiliki pramugari tersebut semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang pramugari. Etika baik yang dimiliki seorang pramugari akan turut membantu meningkatkan citra maskapai dimata penumpang dan masyarakat luas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp