Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi

Cara Membuat Passpor di Kantor Imigrasi

Cara Membuat Passpor di Kantor Imigrasi

Cara membuat paspor adalah informasi yang banyak dicari oleh khalayak banyak. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Bagi yang berencana pergi berlibur ataupun ada urusan pekerjaan di luar negeri, maka perlu dan wajib untuk memiliki paspor. Paspor ini adalah sebagai kartu identitas ketika berada di luar negeri.

Semua warga dunia yang melakukan perjalanan antar negara juga memiliki paspor, karena apabila tidak mereka akan mengalami msalah dalam imigrasi. Salah-salah nanti bisa ditangkap oleh petugas imigrasi dan dianggap sebagai pendatang illegal. Seperti yang sering terjadi di Malaysia.

Dokumen untuk membuat paspor

Beberapa dokumen pendukung berikut ini harus Anda miliki jika ingin membuat sebuah paspor.

  1. Akte kelahiran beserta fotokopi.
  2. Bila tidak memilikinya maka harus menyertaka buku nikah (bagi yag sudah menikah) dan atau ijazah terakhir yang dimiliki beserta fotokopinya.
  3. Kartu keluarga (KK) asli beserta fotokopinya
  4. Kartu tanda penduduk (KTP) beserta fotokopi.
  5. Formulir permohonan pembuatan passpor yang dapat diambil di kantor imigrasi.
  6. Buku nikah orang tua (bila Anda membuatkan passpor untuk anak Anda).
  7. Materai dengan nominal tertentu.

Selanjutya prosedur yang harus dilakukan adalah membawa semua dokumen yang disebutkan ke kantor imigrasi terdekat, atau bisa juga di kantor imigrasi tempat Anda mengambil formulir permohonan paspor. Sebaiknya Anda datang lebih pagi untuk menghindari atrian para pemohon paspor lainya.

Jam layanan kantor imigrasi adalah jam 7 pagi sampai 4 sore. Namun tentu saja seperti umumnya kantor, kantor imigrasi juga memiliki jam istirahat yakni jam 12 sampai jam 1 siang. Datanglah lebih pagi, karena jam 9 pagi biasanya kantor sudah dipenuhi oleh banyak orang. Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengantri.

Prosedur cara membuat paspor

Gunakanlah pakaian yang rapi agar Anda sudah siap utuk diambil foto paspor, perlu Anda ketahui bahwa foto yang ada di paspor akan menempel di situ sampai 5 tahun ke depan. Usahakan pakaian yang berkerah agar terlihat sopan dan formal. Background foto berwarna putih, maka kenakanlah pakaian yang berwarna selain putih.

Sesampainya di kantor imigrasi, Anda harus mengambil nomor antrian. Untuk mendapatkan nomor antrian, Anda harus memiliki ID PASS terlebih dahulu. Tanyakan pada satpam atau petugas jaga untuk mengetahui bagaimana dan di mana cara mendapatkannya.

Cara membuat paspor Selanjutnya yakni mengatri di ruang cek berkas, perhatikan panggilan antrian Anda. Jangan sampai terlewat atau mendahului antrian orang lain. Khusus untuk lansia, ibu hamil, ibu yang membawa balita di bawah 5 tahun dan difabel akan diberikan prioritas tersendiri.

Dokumen Anda akan dicek oleh petugas imigrasi, sebelumnya mohon cek sendiri berkas yang Anda siapkan agar mengurangi resiko berkas tertinggal atau yang semacamnya. Akan sangat merepotkan bila ada berkas yang tertinggal dan Anda harus jauh-jauh kembali ke rumah untuk mengambilnya.

Selanjutnya adalah tahap pengambilan sidik jari dan interview, pada tahap ini Anda akan diberikan map berwarna kuning. Pada tahap wawancara tentu saja hal yang akan ditanyakan adalah alasan dan keperluan untuk pergi ke luar negeri.

Itulah tadi cara membuat paspor yang harus Anda ketahui. Cukup mudah bukan? Mungkin karena ini adalah pengalaman pertama Anda, maka akan terasa rumit dan membigungkan. Jangan takut atau panik, bertanyalah pada petugas yang berjaga. Mereka akan mengarahkan Anda hingga akhirnya paspor Anda berhasil dibuat.

Demikian atikel kali ini semoga mendatangkan manfaat bagi pembaca.

Info seputar sekolah penerbangan bisa hubungi Admin :

Kak Surya 085235003800 (WA)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp