Benda Yang Dilarang Dalam Penerbangan Internasional

Benda Yang Dilarang Dalam Penerbangan Internasional, Demi keamanan dan keselamatan penumpang, ada peraturan yang wajib dipatuhi oleh para pengguna jasa penerbangan, termasuk diantaranya peraturan mengenai beberapa benda yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat.

ICAO (International Civil Aviation Organization) merupakan lembaga di bawah PBB  yang tugasnya mengembangkan teknik dan prinsip navigasi udara internasional, termasuk juga di indonesia.


Benda Yang Dilarang Dalam Penerbangan Internasional

ICAO pula yang menetapkan benda-benda terlarang yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat yang berlaku secara internasional, termasuk di Indonesia. Secara umum, berikut ini beberapa benda yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat.

Alat Tumpul Yang Dapat Menyebabkan Potensi Cidera

Meski bukan seperti benda tajam yang berbahaya, Penumpang Pesawat Tidak Boleh Membawa Benda Tumpul seperti pemukul baseball, tongkat bilyar, skateboard, dan berbagai perlengkapan bela diri ataupun olah raga yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya. Peraturan maskapai penerbangan Indonesia menyatakan bahwa benda-benda ini wajib untuk disimpan di bagasi check in.

Benda Berbahan Gas

Setiap penumpang pesawat terbang juga wajib menghindari untuk membawa barang-barang yang memiliki kandungan gas, seperti gas kimia oksigen, aerosol, cat semprot, dan benda-benda lain yang terkandung bahan gas. Sama seperti bahan peledak, gas rupanya dapat memicu sebuah ledakan dan dapat mengancam jiwa penumpang jika berada di tekanan tertentu.

Segala Bentuk Senjata & Benda Tajam

Segala bentuk senjata tajam memang sudah lama dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat. Segala jenis senjata tajam dan senjata api di takutkan akan membawa petaka atau kejadian yang tidak di sangka-sangka.

Penumpang pesawat terbang dilarang keras untuk membawa berbagai bentuk benda tajam, seperti pisau, pedang, dan berbagai benda tajam lainnya ke dalam bagasi. Pelarangan ini juga berlaku untuk berbagai jenis senjata api, senapan, katapel, dan senjata mainan.

Namun, untuk beberapa jenis senjata yang digunakan untuk keperluan olahraga, boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu. Kategori benda tajam itu cukup ketat, barang-barang yang kelihatannya tidak berbahaya dan sepele seperti gunting kuku, gunting kecil, pinset alis, pisau cukur juga tidak boleh masuk ke dalam bagasi.

Penumpang pesawat terbang dilarang keras untuk membawa berbagai bentuk benda tajam. Sebaiknya barang-barang ini disimpan di dalam bagasi check in.

Senjata Api & Bahan Peledak

Penumpang pesawat sipil dilarang membawa senjata api yang secara umum merupakan bentuk pelanggaran yang dapat mengancam keselamatan penumpang.

Untuk senjata api sendiri tentunya sudah memiliki divisi penerbangan khusus yang mengangkut senjata api. Bahan peledak, zat yang mudah terbakar, zat kimia, dan racun seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif.

Khusus untuk bahan peledak, semua maskapai penerbangan Indonesia melarang keras untuk membawa barang ini ke dalam pesawat, baik bagasi check-in atau kabin pesawatnya.

Produk Yang Berasal Dari Hewan

Produk yang dihasilkan dari hewan umumnya memiliki bakteri yang mudah menginfeksi. Oleh karena itu, maskapai penerbangan Indonesia melarang keras para penumpang pesawat untuk membawa susu segar, daging segar, dan produk dari susu semisal keju. Hal ini dikarenakan produk-produk ini dapat mengandung bakteri pathogen yang dapat menginfeksi.

Membawa Zat Cair Lebih Dari 100 ML Termasuk Zat Kimia

Para penumpang pesawat terbang tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml per kemasan ke dalam bagasi kabin. Pengecualian untuk penumpang yang membawa makanan bayi ataupun obat-obatan yang dikonsumsi selama penerbangan, termasuk makanan diet khusus seperti bagi penderita diabetes yang boleh dibawa selama melakukan perjalanan via udara.

Kemudian, untuk para wanita, sebaiknya peralatan-peralatan kosmetik anda yang berbentuk cairan, sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum) ditaruh ke dalam koper untuk disimpan ke dalam bagasi check in.

Body spray ataupun produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa saja. Tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol meledak.

Baca Juga: Standar Gaji Pramugari Garuda Indonesia Terbaru di Indonesia

Daftar barang di atas sebaiknya Anda perhatikan saat menyiapkan barang bawaan sehingga perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar. Namun, tidak ada salahnya pula jika Anda lebih berhati-hati dan mengecek barang bawaan Anda sesuai maskapai yang akan Anda gunakan karena setiap maskapai memiliki kebijakan tersendiri mengenai barang-barang yang dilarang dan diperbolehkan masuk ke dalam pesawat.


Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

Kampus FAAST Penerbangan Merupakan Lembaga Pendidikan Staff Penerbangan & Pramugari yang siap membantu menghantarkan siswa/i nya menjadi karyawan yang siap kerja di dunia penerbangan baik Domestik maupun Internasional.

Tidak Hanya itu gaes, Apabila anda telah selesai mengikuti pendidikan di Kampus FAAST Penerbangan, kamu tidak akan kesulitan dalam mencari informasi lowongan pekerjaan di berbagai maskapai.

Karena Alumni FAAST Penerbangan akan mendapatkan update informasi lowongan kerja eksklusif yang kebanyakan tidak dipublikasikan di media massa karena kami diberitahu secara langsung oleh perusahaan penerbangan khusus untuk siswa FAAST Penerbangan.

Saat Ini Kampus FAAST Penerbangan Masih Membuka Pendaftaran Calon Siswa Siswi Baru.. Segera Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga.. Karena Kouta Kampus Terbatas.!!

  • Untuk Informasi Pendaftaran Hubungi Kak Yeni 08997200200
  • Setiap Calon Siswa Yang Mendaftar Wajib Mengisi Formulir Pendaftaran Online
  • Biaya Pendidikan Terbaru Lihat Disini.!!
  • Penutupan Pendaftaran di FAAST Penerbangan Akan di Tutup Sewaktu-Waktu Apabila Kuota Kampus Terpenuhi. Khusu Prodi Pramugari Hanya Tersedia 30 Kursi Pendidikan Per Kampusnya.

Sekian Informasi Tentang Penjelasan Beberapa Benda Yang Dilarang Dalam Penerbangan Domestik Maupun International Semoga Bermanfaat & Terimakasih..

3 Respon

  1. Nik zamri berkata:

    Bolehkah membawa madu ke dalam pesawat domestik

  2. Nik mohd zamri berkata:

    Boleh kah bawa madu dalam pesawat

  1. 10/05/2016

    […] Benda-Benda Berbahaya dalam Penerbangan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp