Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas Seperti Biasa

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas? Flight Attendant (Pramugari) merupakan salah satu profesi paling populer yang sangat banyak di cita-citakan oleh semua wanita di negeri ini. Namun untuk masuk dalam profesi ini tidaklah mudah karena ketatnya persaingan, Banyak persyaratan yang tidak bisa di remehkan.

Ketika Hamil Apakah Pramugari Boleh Bertugas? Setiap Maskapai Penerbangna memiliki kebijakan serta peraturan yang berbeda-beda mengenai awak kabinnya yang sedang hamil. Dan berapakah usia kehamilah yang diizinkan untuk bisa naik pesawat saat bertugas, berikut ulsannya.

Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas

Umumnya semua maskapai penerbangan mengizinkan pramugari yang sedang hamil untuk bertugas dengan batas usia kehamilan tidak lebih dari 8 bulan / 32 minggu. Akan tetapi, pramugari yang sedang hamil dengan usia lebih dari 8 bulan bisa terbang apabila membawa sertifikat “Fit to Fly” yang ditanda tangani oleh dokter kandungan.

Sertifikat “Fit to Fly” ini menjelaskan seseorang yang hamil dalam keadaan sehat dan tidak ada riwayat keguguran serta kehamilan yang normal sehingga tidak beresiko untuk tiba-tiba melahirkan didalam pesawat.

Terbang dengan sertifikat “Fit to Fly” bagi pramugari yang sedang hamil hanya diperbolehkan sampai usia kehamilan mencapai akhir 36 minggu atau tergantung dengan kebijakan maskapai.

Apa Resiko Pramugari Terbang Saat Hamil?

Hal pertama yang wajib Pramugari lakukan sebelum bepergian menggunakan pesawat adalah konsultasi ke dokter kandungan. Hal ini sebaiknya dilakukan meski Anda menjalani kehamilan dengan normal.

Namun, jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau pernah melahirkan secara prematur, Anda wajib memeriksakan diri ke dokter. Anda juga disarankan untuk mengecek kebijakan maskapai penerbangan tentang ibu hamil naik pesawat.

Meski tergolong aman, naik pesawat untuk pramugari  saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya :

  • Pembekuan darah dan varises Untuk meminimalisasi hal itu terjadi, Anda bisa memakai stoking kompresi atau kaus kaki setinggi lutut yang diproduksi khusus untuk penerbangan.
  • Keguguran atau kelainan pada janin Paparan radiasi atmosfer saat berada di ketinggian tertentu bisa meningkatkan risiko dua hal ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko tersebut jika hanya sesekali melakukan perjalanan dengan pesawat. Peringatan ini ditujukan untuk ibu hamil yang sering naik pesawat.
  • Oksigen dalam darah menurun Kondisi tersebut bisa terjadi karena selama penerbangan tekanan udara menurun. Namun hal tersebut tidak akan berisiko kepada janin selama Anda memiliki tubuh yang sehat.

Tips Agar Aman Berada di Pesawat Agar tubuh tetap sehat dan perjalanan udara menjadi nyaman, lakukan hal-hal di bawah ini :

  • Konsumsi banyak cairan agar tubuh tidak dehidrasi.
  • Kenakan pakaian yang longgar yang membuat anda nyaman.
  • Pakai dan kencangkan sabuk pengaman di bawah perut.
  • Jangan terlalu lama duduk. Sebisa mungkin berjalan-jalanlah sebentar di lorong agar sirkulasi darah menjadi lancar. Jika hal itu tidak memungkinkan, renggangkan pergelangan kaki Anda selama berada di tempat duduk.

Kesimpulan Apakah Pramugari Boleh Hamil?

Kehamilan tidak menghambat Anda untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Meski ibu hamil naik pesawat tergolong aman, sebaiknya Anda jangan memaksakan diri jika dokter tidak mengizinkan Anda untuk bepergian melalui jalur udara.

Jadi kesimpulan dari artikel diatas adalah Seorang Pramugari yang sedang hamil bisa terbang untuk melakukan bertugasnya dengan syarat sebagai berikut :

  • Usia kehamilan tidak lebih dari 8 bulan atau 32 minggu.
  • Jika sedang hamil dengan usia lebih dari 8 bulan, bisa terbang apabila membawa sertifikat “Fit to Fly” yang ditanda tangani langsung oleh dokter kandungan.
  • Pramugari dalam keadaan Sehat.
  • Tidak Semua maskapai memperbolehkan pramugari yang sedang hamil untuk untuk terbang.

Saat Ini Kampus FAAST Penerbangan Masih Membuka Pendaftaran Calon Siswa Siswi Baru.. Segera Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga.. Karena Kouta Kampus Terbatas.!!

  • Untuk Informasi Pendaftaran Hubungi Kak Yeni 08997200200
  • Setiap Calon Siswa Yang Mendaftar Wajib Mengisi Formulir Pendaftaran Online
  • Penutupan Pendaftaran di FAAST Penerbangan Akan di Tutup Sewaktu-Waktu Apabila Kuota Kampus Terpenuhi. Khusu Prodi Pramugari Hanya Tersedia 30 Kursi Pendidikan Per Kampusnya.

Sekian Informasi Tentang Pertanyaan Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas?? Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat Untuk Kita Semua & Terimakasih…

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. 27/09/2018

    […] Baca Juga: Apakah Ketika Hamil Pramugari Boleh Bertugas Seperti Biasanya? […]

  2. 11/10/2018

    […] Berikut akan kami jelaskan mengenai apa itu pramugari dan apa saja tugas-tugas pramugari. Apakah pramugari tidak boleh terbang saat hamil juga termasuk dalam peraturan yang harus di patuhi oleh seorang pramugari? Berikut […]

  3. 21/06/2019

    […] Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas Seperti Biasa […]

  4. 24/06/2019

    […] Apakah Saat Hamil Pramugari Boleh Bertugas Seperti Biasa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp